Game berasal dari
kata bahasa inggris yang memiliki arti dasar Permainan. Permainan dalam hal ini
merujuk pada pengertian “kelincahan intelektual” (intellectual playability).
Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada
target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada
tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan
secara maksimal. Pada awalnya, game identik dengan permainan anak-anak. Kita
selalu berpikir game merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak
yang dapat menyenangkan hati mereka. Dengan kata lain, segala bentuk kegiatan
yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap
target tertentu dapat dikatakan sebagai game.
Generasi Pertama
Generasi Pertama
Generasi pertama konsol
permainan video berlangsung dari tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox
Odyssey, hingga 1977, ketika “pong”-style produsen konsol meninggalkan pasar
secara massal karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol
Magnavox Odyssey 200
style game pong
Generasi
kedua
Dalam sejarah komputer dan
video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau
kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild
Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi
kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI. Beberapa
contoh konsol game pada generasi kedua dapat dilihat disamping. Dari ki-ka
adalah Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 , Atari
5200
Generasi
Ketiga
Generasi ketiga dimulai
pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih
dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment
System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan
8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi
label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti
Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di
Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES /
Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara
perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.
konsol FAMICOM dan SEGA
Generasi
keempat
Generasi keempat atau
biasa disebut dengan era 16 bit,pada generasi ini NES mendapat sambutan hangat
di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi
Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega
Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan
gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini
cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka
penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak
dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System).
Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa
produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips
CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.
Tahun 1989
Tahun 1989
Generasi
kelima
Generasi kelima atau
disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer
pada generasi ini adalah Sony Playstation
Generasi
keenam
Generasi keenam ini
ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing
perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game
baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Perang konsol game ini
akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi
meneruskan konsol next generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk
berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol.
Generasi
ketujuh
Dikarenakan semakin
canggihnya teknologi di bidang teknologi maka kemudian 3 perusahaan konsol
terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan kembali konsol
next-generation mereka keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang
diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian
Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem
permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung
dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player.
Sumber:
http://bayuzu.blogspot.com/2012/09/sejarah-perkembangan-game.html
http://dennymuharomariawan.wordpress.com/2012/03/15/sejarah-perkembangan-game/
0 komentar:
Posting Komentar